Selasa, 08 Desember 2020

Desain rumah ukuran 3x12 konsep villa

Desain rumah ini memiliki panjang 12 meter dan lebar 3 meter, jujur saya sangat bingung untuk mendesain ukuran lahan tersebut. Namun setelah diingat ingat dulu saya pernah mengunjungi villa dan saya teringat dengan bangunannya yang sempit namun memanjang kebelakang sampai ada kolam renangnya kalau dihitung ukurannya kurang lebih panjangnya sekitar 17 meter.

Sementara ukuran lahan yang akan saya desain ini hanya memiliki panjang 12 meter jadi tidak ada lahan untuk kolam renangnya, dan hasilnya seperti ini:

Sebenarnya bisa saja dibuatkan kolam kecil namun untuk parkir mobil tidak ada, karna permintaan untuk mendesain rumah ini hanya ingin dibuatkan agar ada 2 kamar tidur dan parkir untuk mobil jadi saya membuatnya seperti berikut:


Untuk desain rumah ukuran 3x12 bagian lantai 1 yang saya beri tanda huruf A B dan C.

Huruf A adalah kamar mandi dengan ukuran panjang 1 meter dan lebar 1,5 meter terdapat wc dan shower, untuk huruf B dan C adalah dapur yang menjadi satu dengan ruang tamu/ruang keluarga namun disekat oleh dinding panjang 1,5 meter untuk menghalangi kitchen set. Ukuran B dan C keseluruhannya adalah panjang 8 meter dan lebar tentunya 3 meter karna lebar rumah ini hanya memiliki 3 meter yang full atau dihabiskan, pada bagian dapur dibentuk L karna ada kamar mandi sementara untuk ruang keluarga dibentuk kotak.

Pada bagian posisi tangga terletak tepat diatas kamar mandi atau didepan kitchen set dengan ketinggian 270 cm karna saya membuat ketinggian bangunan lantai 1 ini adalah 270 cm. Jika menurut anda terlalu tinggi atau kurang tinggi bisa anda sesuaikan sendiri ya.

Sekarang pada bagian halaman depan yang saya beri tanda huruf C dan B adalah teras dengan ukuran panjang 1,5 meter dan lebar 3 meter namun saya bentukan L karna dibuat tanaman kecil untuk hiasan agar lebih segar pada bagian terasnya saya memberi sekat pagar dengan ukuran mengikuti lebar tanaman tersebut, bisa anda sesuaikan sendiri ya. Sementara sisanya saya buatkan halaman untuk parkir mobil dengan ukuran lebar 3 meter dan panjang 2,5 meter, jika ukuran mobil anda lebih panjang bisa disesuaikan saja misal tanamannya dihilangkan atau ukuran terasnya dikecilkan. Disini juga saya belum membuat desain kanopi dan pagarnya karna saya masih belum dapat inspirasinya, mungkin untuk pagar dan kanopi bisa anda konsultasikan pada tukang pagar dan kanopinya.

Untuk yang terakhir desain rumah ukuran 3x12 pada bagian lanatai 2 yang saya beri tanda huruf A B C dan D.

Huruf A dan D adalah jalur atau jalan menuju antara kamar dan tangga yang dibuat L dengan ukuran lebar 1 meter dan panjang 4 meter. Sedangkan untuk huruf B dan C adalah kamar tidur utama dan kamar tidur kedua. Untuk ukuran kamar yang pertama memilik lebar 3 meter dan panjang sama yaitu 3 meter sedangkan kamar yang kedua memiliki ukuran lebih kecil yaitu 3 meter untuk panjnagnya dan 2 meter untuk lebarnya karna sisanya dipakai untuk jalan. Untuk balkon saya lupa tidak memberi tanda, posisi balkon dia menjadi satu dengan kamar utama berukuran lebar 3 meter dan panjang 1 meter, seperti diapartemen dan saya juga membuat pintunya yang full kaca agar pas pagi hari ketika bangun tidur bisa melihat matahari terbenam dikamar hehe. Semoga desain rumah ukuran 3x12 ini bisa menjadi inspirasi untuk perencanaan bangunan rumah anda yang mungkin juga sama memiliki ukuran 3x12. Jika ingin request desain rumah atau interior seperti kitchen set, ruang tamu dan lain-lain silahkan berkomentar saat waktu luang saya pasti buatkan dan jangan lupa follow instagram saya imamyusup.webid agar mengetahui info desain terbaru dari saya atau bisa jiga masukan email anda dikolom kotak bawah silahkan scroll. Sekian basa basinya terima kasih

bm

Senang menggambar, menulis dan membaca buku rekening

Posting Komentar