Rabu, 06 Januari 2021

2 Model Rumah Minimalis 6x9

desain model rumah 6x9 2 lantai
model rumah minimalis 6x9 2 lantai

Karena banyaknya permintaan pada akun social media saya untuk membuatkan desain rumah minimalis dengan ukuran 6x9 dan dibuat menjadi 2 lantai. Jadi saya langsung sekaligus buatkan 2 model rumah minimalis 6x9 2 lantai, seperti yang sudah saya upload gambarnya diatas, namun jika anda sedang mencari yang 1 lantainya anda bisa melihat diartikel saya yang Rumah Minimalis Ukuran 6x9 karna waktu itu saya sudah membuatnya.

Disini ada versi 1 dan ada versi 2, keduanya tentu memiliki ukuran sama namun hanya berbeda dalam tata letak dan modelnya. Kalau yang versi 1 tidak memakai genteng alias langsung cor sedangkan yang versi 2 memakai genteng, dan berikut dibawah ini akan saya jelaskan satu persatu untuk detailnya. Tapi sebelumnya mohon maap jika mengalami loading atau lemot karena gambar yang akan saya upload disini lumayan banyak :)

Desain Rumah Minimalis 6x9 Versi 1

model rumah minimalis ukuran 6x9 2 lantai

Untuk yang model ini pada tata letak lantai satunya memiliki ruangan :

  • Kamar Utama Plus Toilet
  • 1 Kamar Mandi
  • Dapur
  • Ruang Tamu
  • Teras dan Carport (Halaman Depan)

Untuk gambarannya seperti dibawah ini :

Setelah melihat gambar tampak depan dan layout, selanjutnya saya akan memberikan gambaran denah yang sudah saya tandai dengan huruf seperti dibawah ini.

Denah Rumah 6x9 Bagian Lantai 1

denah rumah ukuran 6x9 2 lantai
denah rumah 6x9

Mungkin untuk anda yang baru berkunjung keblog ini heran, karena denah yang saya buat ko hanya ditandai dengan huruf? saya sengaja membuatnya seperti itu agar digambar tidak banyak curat coretnya karena saya akan memberikan penjelasan satu persatu tentang apa yang sudah saya tandai dengan huruf tersebut.

Untuk yang saya tandai dengan huruf A adalah ruangan untuk dapur plus untuk membuat tangga seperti yang terlihat digambar layout atas, jika kurang jelas dibawah ini sebagai gambarannya.

Dibawah tangga juga bisa untuk meletakan mesin cuci dan lain-lain, dan disampingnya cukup untuk membuat kitchen set karena ukuran lebar dari ruangan ini 4,5 meter dan panjang 2 meter.

Untuk yang saya tandai dengan huruf B yang disamping dapur adalah kamar mandi yang berukuran lebar 1,5 meter dan panjang 2 meter. Yang didepannya yang saya tandai dengan huruf D adalah ruang tamu yang memiliki ukuran lebar 3 meter dan panjang 4 meter.

Lanjut pada yang saya beri tanda C adalah kamar tidur utama plus ada toiletnya, untuk keseluruhan ukuran ruangannya memiliki panjang 4 meter dan lebar 3 meter namun dibagi untuk ruangan yang dijadikan toiletnya yang berukuran panjang 1,5 meter dan lebar 1,5 meter.

Cukup untuk meletakan kasur yang double, lemari pakaian,meja kerja dan rak tv, pada bagian rak tv agar rapih kalau menurut saya dia dipasang di dinding kamar mandi dan kasur menghadap rak tv, agar bisa nonton sambil tiduran hehe, untuk gambarannya seperti ini.

Sekarang pada bagian halaman depan yang saya tandai dengan huruf E dan F, untuk ukuran depan keseluruhannya memiliki lebar 6 meter dan panjang juga sama 3 meter namun saya bagi dua. Disini saya membuat carport dan teras untuk carportnya berukuran panjang 3 meter dan lebar 3 meter begitu juga dengan terasnya sama. Kalau halaman depan bisa anda sesuaikan lagi nantinya. Sekarang lanjut pada bagian lantai 2.

Pada bagian layout lantai 2 terdapat :

  • 2 Kamar Tidur
  • Ruang Keluarga
  • Kamar Mandi
  • Balkon

Sebagai gambarannya seperti dibawah ini.

Setelah melihat layoutnya sekarang lanjut pada bagian denah berikut ini :

Denah Rumah 6x9 Bagian Lantai 2

denah rumah minimalis ukuran 6x9 2 lantai
denah rumah 6x9 lantai 2

Sama seperti sebelumnya saya memberi tanda dengan huruf dan untuk yang saya tandai A adalah ruangan yang berukuran panjang 2 meter dan lebar 3 meter namun saya bagi 2 untuk kamar mandi saya kasih 1,5 meter utntuk lebar dan panjangnya juga 1,5 meter.

Sisanya untuk lorong atau jalan tangga, karena disitu nantinya muncul sesosok tangga hehe. Untuk yang disampingnya adalah kamar tidur yang saya tandai dengan huruf B dan D memiliki ukuran yang sama yaitu panjang 3 meter dan lebar 3 meter.

Untuk bagian ruang keluarganya yang saya tandai dengan huruf c memiliki ukuran panjang 4 meter dan lebar 3 meter, yang didepannya yang saya tandai dengan huruf E adalah balkon yang berukuran panjang 1 meter dan lebar 3 meter, jika terlalu kecil bisa anda panjangkan lagi sampai menutup/dijadikan atap untuk carport.

Pada bagian kamar tidur yang paling belakang dia jendela atau pentilasinya menghadap kesamping kiri, jika dilihat pada gambar dibawah ini ada pada bagian kanan.

Untuk yang versi satu selesai, sekarang lanjut pada bagian yang versi duanya.

Model Rumah Minimalis 6x9 Versi 2

model rumah minimalis ukuran 6x9 2 lantai
model rumah 6x9 2 lantai

Untuk yang model ini pada tata letak bagian lantai satunya terdapat ruangan :

  • Kamar tidur Utama
  • Kamar Mandi
  • Ruang Tamu
  • Dapur
  • Teras dan Carport (Halaman Depan)

Sebagai gambarannya seperti berkut ini.

Berbeda dengan versi 1, kalau yang versi 2 pada bagian kamar utama tidak memiliki toilet namun untuk posisi kamar mandi saya dekatkan dengan kamar tidur tersebut agar kalau malam-malam mau ke air dekat dan bisa juga digunakan untuk tamu karna posisinya tidak berada didalam kamar tidur.

Sengaja saya buat seperti itu karna pada kitchen setnya besar bisa juga untuk membuat mini bar, kalau gitu langsung saja pada bagian denah dan rinciannya berikut.

Denah Rumah 6x9 Bagian Lantai 1

denah rumah minimalis ukuran 6x9 2 lantai
denah rumah 6x9 lantai 1

Untuk yang saya tandai dengan huruf A adalah ruangan yang memiliki ukuran panjang 3 meter dan lebar 6 meter yang saya bagi untuk ruangan kamar mandi yang ditandai huruf B berukuran panjang 1,5 meter dan lebar 1,5 meter, diruangan ini dijadikan dapur dan untuk membuat tangga seperti yang terlihat pada gambar layout atas.

Untuk bagian yang saya tandai huruf C dan D adalah ruangan yang memiliki ukuran panjang 3 meter dan lebar 3 meter namun dibagi 2 dan menjadi ruang tamu yang ditandai huruf C dan menjadi kamar tidur yang ditandai D untuk ukuran keduanya sama yaitu menjadi 3 meter untuk panjang dan 3 meter untuk lebarnya.

Lanjut pada bagian halaman depan yang ditandai E dan F, sama seperti dapur dan runag tamu memiliki ruangan atau lahan berukuran panjang 3 meter dan lebar 6 meter, jadi intinya pada lahan ukuran 6x9 dibagian lantai 1 nya saya bagi menjadi 3 bagian. Dan untuk carport dan teras sama-sama memiliki ukuran panjang 3 meter dan lebarnya juga 3 meter.

Disini pada bagian terasnya saya bentuk L dan ditengahnya dibuat taman kecil untuk menanam dedaunan atau bunga biar terlihat segar halaman rumahnya, sebagai gambarannya dibawah ini.

Selanjutnya pada bagian lantai duanya untuk tat letak terdapat ruangan :

  • 2 Kamar Tidur
  • Kamar Mandi
  • Ruang Keluarga
  • Tempat Mesin Cuci Dan Jemur Pakaian
  • Balkon

Sebagai gambarannya seperti gambar dibawah ini.

Kalau gitu langsung saja menuju bagian denahnya dibawah ini :

denah model rumah minimalis ukuran 6x9 2 lantai
denah rumah 6x9 lantai 2

Untuk yang saya tandai dengan huruf A dan B adalah ruangan yang memiliki ukuran panjang 1,5 meter dan lebar 6 meter namun dibagi dua bagian yang satu untuk ruangan tempat mencuci dan menjemur pakaian yang ditandai A berukuran panjang 1,5 meter dan lebar 3 meter, sisanya dibuat untuk jalan tangga seperti yang terlihat digambar atas.

Pada bagian tempat menjemur pakaian nanti disitu membuat tangga untuk akses naik ke dak, karna saya membuat dak tepat diatas tempat jemuran sampai melebar pada atap tangga, dan berikut sebagai gambarannya.

Bisa untuk meletakan toren air yang besar, jika anda memiliki yang big size kalau ga salah bahasa inggrisnya hehe.

Lanjut pada bagian yang saya tandai dengan huruf D adalah ruangan yang berukuran panjang 1,5 meter dan lebar 3 meter, namun saya membuat kamar mandinya hanya menjadi 2 meter untuk lebar dan 1,5 meter untuk panjangnya. Karena sisa 1 meternya untuk jalan.

Yang didepannya ada ruang keluarga plus balkon yang ditandai huruf F dan G, seluruh ukuran ruangan tersebut memiliki panjang 4 meter dan lebar 3 meter lalu dibagi dua, dan untuk ruang keluarganya berukuran panjang 2,5 meter dan lebar 3 meter lalu untuk balkon 1,5 meter untuk panjang dan 3 meter untuk lebarnya.

Terakhir untuk yang ditandai hurf C dan E adalah ruangan untuk kamar tidur. Pada kamar yang pertama memiliki ukuran panjang 3 meter dan lebar 3 meter sedangkan kamar yang kedua atau yang paling depan memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu panjang 2,5 meter dan lebar 3 meter.

Untuk versi 2 selesai, semoga apa yang sudah saya gambarkan dan jelaskan bisa memberi inspirasi untuk perencannan pembangunan rumah dilhan 6x9nya. Jika kurang cocok atau kurang srek dari apa yang sudah saya gambarkan silahkan berkomentar atau request dimenu request desain rumah jadi nanti saya akan update terus sampai veri 3 versi 4 dan seterusnya itu juga kalau saya masih bisa bernafas ya hehehehe. Sekian artikel tentang 2 Model Rumah Minimalis 6x9 mohon maap jika ada salah kata, terima kasih dan salam hangat dari saya.

bm

Senang menggambar, menulis dan membaca buku rekening

Posting Komentar